Sabtu, 07 Juni 2008

Euro Untungnya Selangit


Pergelaran akbar Euro 2008 diperkirakan akan mencetak rekor pemasukan sebesar 1,3 miliar Euro atau sekitar 2 milyar Dolar AS. Seperti diungkapkan General Secretary UEFA David Taylor dalam jumpa persnya, seperti dikutip dari ZeeNews.com.

Pemasukan ini berasal dari hak siar televisi dan sponsorship. Dibandingkan dengan EURO 2004 yang digelar di Portugal, pemasukan EURO 2008, 50 persen meningkat lebih banyak. “Pemasukan ini berada berasal dari hak siar televisi dan sponsor, bahkan melebihi penjualan tiket. Saat ini, pemasukan tersebut sedang dikalkulasi. Kami akan mendapatkan 1,3 juta Euro dari hak siar televisi dan sponsor, tapi dimana pemasukan itu akan dialirkan?,” kata Taylor .

Untuk hadiah uang setiap tim akan mendapatkan bonus awal sebesar 7,5 juta. Mereka akan mendapatkan tambahan 1 juta Euro jika menang dan 500 ribu Euro juga imbang,” imbuh Taylor .

Tim akan kembali mendapatkan hadiah tambahan jika mereka terus melaju dan juara EURO setidaknya akan membawa pulang uang maksimal 23 juta Euro. Taylor menambahkan, biaya pembukaan EURO 2008 memakan biaya sekitar 600 juta Euro dengan 450 juta Euro akan diberikan kepada 53 anggota UEFA.

Austria dan Swiss sebagai tuan rumah akan menuai keuntungan sebesar 470 juta Euro dari perhelatan ajang 4 tahunan itu. “Pengaruhnya dirasakan oleh beberapa negara, khususnya yang diberikan oleh sponsor. Setiap pertandingan di babak penyisihan grup kemungkinan akan menghasilkan 42 juta Euro,” ujarnya. K2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar